oleh

Azzahra Wakili Indonesia di Olimpiade Tokyo

PEKANBARU – Kota Pekanbaru, Riau, patut berbangga hati karena adanya anak asal Bumi Lancang Kuning yang menjadi perwakilan Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020. Dialah Azzahra Permatahani, yang akan berlaga di cabang olahraga renang.

Olimpiade Tokyo sendiri awalnya dijadwalkan berlangsung pada 24 Juli-9 Agustus 2020 lalu. Namun karena pandemi Covid-19, pesta olahraga multicabang sedunia ini baru bisa digelar tahun ini terhitung tanggal 23 Juli-8 Agustus 2021.

Keberangkatan perenang putri andalan Provinsi Riau menuju Olimpiade Tokyo 2020 itu dilepas secara virtual melalui aplikasi zoom oleh Walikota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, S.T., M.T, Jumat (16/7).

“Alhamdulillah Adinda Azzahra telah diberikan kepercayaan oleh bangsa dan negara kita menjadi duta untuk negara ini untuk bertanding di Tokyo dalam olimpiade cabang olahraga renang,” ucap Walikota.

Dikatakannya, peran orang tua dalam melihat potensi yang dimiliki Azzahra sejak kecil bisa menjadi contoh bagi orang tua lainnya untuk bisa memberikan dorongan, bimbingan serta motivasi pada anak untuk menggali potensi diri dan juga bakat yang ada pada mereka sehingga menjadikan hasil yang baik.

“Bagaimana kita tadi mengetahui bahwa Azzahra ini sudah dilatih renang sejak usia 4 tahun. Artinya, orang tua melihat potensi yang ada pada anak itu dan dapat dikembangkan. Itulah orang tua seharusnya bagaimana kita bisa secara cerdas melihat potensi dari anak kita dan memberikan dorongan pada anak untuk mengembangkan dirinya dan potensi yang ada di dirinya,” ujar walikota.

Baca Juga  IBIK BOGOR BERTRANSFORMASI UNTUK MEGEMBANGKAN KOMPETENSI ANAK NEGERI

Namun tentunya semangat dan kecerdasan orang tua dalam melihat potensi anak tidak cukup sampai disitu saja. Tentunya dukungan dari banyak pihak terutama dari pelatih dalam proses yang panjang dengan semangat dan doa, maka jadilah Azzahra sebutir mutiara bagi bangsa dan negara.

“Tentunya juga bagi daerah kita yang akan mengharumkan nama kota kita Pekanbaru dan provinsi kita Riau. Serta Insyaallah juga mengharumkan nama bangsa dan negara,” turur Walikota.

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru juga memberikan dana pembinaan untuk Azzahra senilai Rp10 juta yang diberikan secara simbolis.

“Itu adalah sebagai ucapan terima kasih kami dan juga bersyukur serta memberikan semangat. Kalau dilihat nominalnya, mungkin sedikit. Namun dilihat maknanya sebagai cinta kasih di antara kita. Semoga juga ini memberikan dorongan bagi Azzahra dalam memacu prestasi mengharumkan nama bangsa dan negara,” harapnya.

Baca Juga  Kedaireka dengan Bumdes dan Desa Melakukan Kolaborasi

Dalam kesempatan itu, Walikota juga mendoakan Azzahra selalu dalam lindungan Allah SWT dan juga diberikan kemudahan dan kekuatan di dalam perjalanan serta dalam melaksanakan kegiatan olahraga yang akan ditempuh ini. Serta mudah-mudahan Olimpiade ini bisa berjalan lancar di tengah pandemi Covid-19.

“Doa kita masyarakat Pekanbaru, Riau dan tentunya Indonesia kepada Azzahra semoga diberi kekuatan dan kesehatan dan kembali ke Indonesia dengan prestasi dan kesehatan yang baik,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua KONI Pekanbaru Anis Murzil menyatakan jika Azzahra memang sudah tak terhitung lagi mengharumkan nama Pekanbaru. Baik itu di level lokal, regional, nasional bahkan hari ini Azzahra mengharumkan nama Pekanbaru di Kompetisi olahraga tertinggi di dunia yaitu Olimpiade.

“Ini atlet pertama Kota Pekanbaru yang lulus olimpiade dan di usia dini beliau, kita semua seluruh masyarakat Kota Pekanbaru tentu sangat berbangga dengan prestasinya. Menurut informasi, Azzahra juga tercatat sebagai atlet termuda di seluruh peserta olimpiade di Tokyo nantinya,” sebut Anis.

Baca Juga  Rapat Kortekrenbang 2021 yang di Ikuti Bappeda Aceh Secara Virtual

Sesuai jadwal, Azzahra berangkat Sabtu (17/7) ke Tokyo dan selama 4 hari terakhir sudah dikarantina di Jakarta. “Untuk itu sebagai wujud rasa bangga tersebut, kami ingin melepas secara formal untuk keberangkatan Azzahra ke Tokyo,” ungkapnya.

Tak lupa Anis juga mengucapkan terima kasih sedalam-dalamya kepada Pemko Pekanbaru melalui walikota bahwa perhatian pemerintah terhadap perkembangan olahraga di Pekanbaru sangat baik.

“Perhatian kepada atlet berprestasi baik itu lokal, regional, nasional maupun internasional selalu kita berikan dalam bentuk pelepasan atlet secara formal dan kemudian juga kita berikan sedikit tambahan uang saku sebagai tanda cinderamata Pemko Pekanbaru kepada atlet yang bersangkutan,” kata dia.

Azzahra sendiri dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Pekanbaru dan juga Ketua KONI Pekanbaru.

“Zahra disini mohon doanya untuk semuanya. Semoga Zahra nanti di Olimpiade Tokyo bisa memberikan yang terbaik untuk Riau serta untuk Indonesia juga. Tak lupa juga Zahra juga menyampaikan ucapan terima kasih untuk pelatih yang telah sabar melatih Zahra sehingga akhirnya bisa masuk ke Olimpiade Tokyo,” ucapnya. (*/cr1)

Sumber: pekanbaru.go.id

News Feed